BLDC Motor atau Brushless DC Motor merupakan motor sinkron yang di kendalikan oleh inverter untuk mengendalikan kecepatan bahkan torsi yang diperlukan. Berbeda dengan motor DC biasa yang menggunakan brushes atau sikat yang akan diberi tegangan, pengendalian BLDC motor dengan cara memberikan arus pada setiap phase secara bergantian. Jadi sesederhana itu perbedaan antara motor dc biasa (Brushed DC Motor/DC Motor) dan BLDC motor, Disikat dan tidak disikat. Untuk lebih jelasnya, anatomi BLDC motor bisa dilihat dibawah ini

[2]

Pengendalian BLDC sama sepert inverter, secara garis besarknya skema pengendaliannya seperti dibawah ini

Skema Kontrol Motor BLDC secara umum

Pengendalian yang menggunakan inveter ? apa bedanya dengan motor AC atau motor induksi biasa ?. Jawabannya adalah Serupa tapi tak sama. [3], sedangkan PMSM dikendalikan dengan sinyal sinusoidal. Sinyal yang dimaksud adalah sinyal back-emf atau sederhananya sinyal tegangan yang diterima oleh setiap phase. Atau sederhanya bisa dilihat pada gambar dibawah

Signal Motor BLDC [3]
Sinyal Motor PSMS [3]

Berdasarkan dengan membaca perbandingan berdasarkan tulisan Stijn Derammelaere dan artikel BLDC Motor Fundamental beberapa kelebihan yang dimiliki oleh BLDC motor ketimbang yang lainnya seperti daftar dibawah ini[2]. 


MOTOR DCBLDC MotorPMSM
PengendalianMudahSusahSusah sekali
HargaMurahLumayanMahal
KecepatanRendahTinggiTinggi, tapi gak setinggi BLDC
TorsiKecilBesarLebih besar dari PMSM
AkselerasiTinggi SekaliLumayanLebih kecil dari BLDC pada daya motor dibawah 750W

Namun dengan keunggulan pada BLDC motor, tentu dapat dioptimalkan jika diimplementasikan pada aplikasi yang tepat. Jenis BLDC motor populer pada komunitas RC selain itu juga digunakan pada pengaplikasian multikopter atau Drone. Pemilihan BLDC motor sebagai aktuator jika diperlukan kecepatan yang sangat tinggi dan dioperasikan pada waktu yang lama. Hal ini menjadi kompetitor utama pada Motor DC walaupun memiliki harga yang sangat murah. 

DAFTAR PUSTAKA

[1] Unsplash, “Photo by Mika Baumeister on Unsplash.” [Online]. Available: https://unsplash.com/photos/eICBKT7Gsyo. [Accessed: 28-Dec-2019].

[2] “Creativeman,” BLDC Motor (Brushless Direct Current Motor). [Online]. Available: http://syntalfiyasmin.blogspot.com/2019/. [Accessed: 28-Dec-2019].

[3] S. Derammelaere, M. Haemers, J. D. Viaene, F. Verbelen, and K. Stockman, “A quantitative comparison between BLDC, PMSM, Brushed DC and Stepping Motor Technologies,” p. 5.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *